Cara Mengatasi WC Mampet Karena Tinja

Siapa yang tidak pernah mengalami WC yang mampet? Saat ini, ada banyak penyebab WC mampet, mulai dari benda-benda asing seperti tisu atau kertas, sanitasi yang tidak baik, atau bahkan tinja terlalu besar yang membuat saluran pembuangan tersumbat. Masalah yang paling umum terjadi adalah saluran yang tersumbat karena tinja yang terlalu besar, dan ini bisa sangat menjengkelkan. Tetapi jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi WC mampet karena tinja.

Cara 1: Menggunakan Pembersih WC yang Efektif

Pembersih WC yang efektif dapat membantu Anda membersihkan saluran pembuangan WC. Banyak pembersih WC yang tersedia di toko, tetapi setiap produk memiliki bahan dan cara kerja yang berbeda-beda. Pastikan Anda membaca instruksi dengan cermat pada setiap produk sebelum menggunakannya. Ada juga bahan-bahan alami seperti baking soda dan cuka yang keluar dari alam yang dapat digunakan untuk membersihkan saluran pembuangan.

Untuk menggunakan baking soda dan cuka, kamu perlu menaburkan baking soda, kemudian tuangi cuka di atasnya. Tunggu selama beberapa menit sebelum mengalirkan air panas ke dalam saluran pembuangan. Metode ini ramah lingkungan, lebih aman, dan lebih murah.

Cara 2: Menggunakan Alat Penyedot Lumpur atau Multifungsi

Ada alat yang lebih kuat yang dapat membantu mengatasi masalah WC mampet karena tinja seperti alat penyedot lumpur atau multifungsi. Alat penyedot lumpur ini bekerja dengan cara menarik keluar tinja dari saluran pembuangan, dan seringkali lebih efektif daripada pembersih WC biasa.

Sementara itu, alat multifungsi bisa digunakan untuk membersihkan saluran pembuangan air yang buntu. Ada banyak alat ini di pasaran, tetapi pastikan hanya memilih yang berkualitas terbaik. Tidak perlu khawatir tentang alat yang mati di tengah jalan, karena banyak alat yang sekarang hadir dengan daya tahan baterai yang kuat.

Cara 3: Menggunakan Plunger

Plunger WC adalah alat yang paling umum digunakan untuk mengatasi WC mampet. Plunger terdiri dari bagian dasar yang terbuat dari karet dan gagang/sarang yang terbuat dari kayu atau bahan lain. Ketika plunger dimasukkan ke dalam WC dan ditekan ke saluran, tekanan dari gerakan naik turun akan membantu membersihkan saluran yang tersumbat.

Untuk menggunakan plunger secara tepat, pastikan Anda memilih plunger yang tepat, dan letakkan plunger di dalam WC, ditutupi air. Lalu tempatkan plunger di saluran WC, kemudian dorong dan tarik beberapa kali dengan kekuatan yang sama. Jangan lupa untuk mengecek saluran pancuran air dan pastikan tidak ada sampah yang tersumbat di dalamnya.

Cara 4: Menggunakan Snake/ Kabel Penyapu

Jika metode yang disebutkan di atas masih tidak berhasil, pertimbangkan menggunakan kabel penyapu atau snake. Alat pembersih ini bekerja dengan cara melewati saluran pembuangan dan membersihkannya dari dalam. Kabel penyapu biasa digunakan di paralon atau saluran kecil, sedangkan snake digunakan untuk menjangkau dan membersihkan saluran lebih dalam.

Saat menggunakan snake, perhatikan detail detail penting seperti jenis snake yang digunakan, struktur wc, dan posisi alat saat digunakan. Penting untuk memilih jenis snake yang tepat sesuai dengan ukuran dan jenis saluran pembuangan yang Anda perlukan.

Cara 5: Memanggil Jasa Tukang Ledeng Profesional

Jika semua cara di atas tidak berhasil atau Anda merasa kesulitan melakukan sendiri, jangan ragu untuk memanggil jasa tukang ledeng profesional. Tukang ledeng profesional biasanya dilengkapi dengan peralatan canggih untuk mengatasi masalah pembuangan air yang buntu. Tetapi, yang harus diperhatikan adalah bahwa mencari jasa tukang ledeng dengan harga yang terjangkau dan terpercaya bukanlah hal yang mudah.

Kesimpulan

Mengatasi WC mampet karena tinja memang bisa menjadi masalah yang menjengkelkan jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi WC mampet, mulai dari pembersih WC, plunger WC, hingga Memanggil jasa tukang ledeng profesional. Tentukan cara terbaik yang cocok bagi Anda, tergantung pada jumlah saluran pembuangan yang tersumbat dan jenis WC yang dimiliki. Kiat terbaik selanjutnya adalah melakukan perawatan yang tepat dan memperhatikan apa yang dimasukkan ke dalam WC agar saluran pembuangan tetap lancar.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *