Cara Mengatasi WC Mampet Akibat Pembalut

WC mampet seringkali membuat kita kesal, terutama ketika sedang ada tamu di rumah. Ada banyak sebab dari wc mampet, salah satunya yaitu karena pembalut yang dibuang ke dalam toilet. Jika tidak diatasi dengan cepat, wc mampet akan memperburuk kondisi toilet dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Berikut adalah cara mengatasi wc mampet akibat pembalut.

1. Gunakan Alat Pembersih Khusus Toilet

Saat wc mampet, jangan langsung menggunakan gayung atau kawat untuk mencoba membersihkan saluran pembuangan. Sebab, cara tersebut dapat merusak pipa yang ada di toilet. Sebaliknya, gunakan alat pembersih khusus toilet yang dapat membantu melonggarkan sumbatan. Beberapa contoh alat pembersih yang efektif adalah pembersih saluran air, kantong plastik sikat toilet, dan pompa hisap toilet.

2. Gunakan Air Panas

Air panas juga dapat membantu menghilangkan sumbatan di dalam saluran pembuangan toilet. Caranya dengan menuangkan air panas ke dalam toilet dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian, gunakan alat pembersih khusus toilet untuk membersihkan sisa pembalut atau benda lain yang menyumbat.

3. Gunakan Bahan Alami

Jika tidak ingin menggunakan bahan kimia dari alat pembersih yang biasa dijual di pasaran, Anda bisa mencoba bahan alami seperti campuran baking soda dan air panas. Cara ini ampuh untuk membersihkan wc mampet akibat pembalut. Tambahkan satu sendok teh baking soda ke dalam air panas, lalu menuangkan campuran tersebut ke dalam toilet dan biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air.

4. Panggil Tukang Ledeng

Jika semua cara di atas tidak berhasil, sebaiknya panggil tukang ledeng untuk membersihkan wc mampet akibat pembalut. Tukang ledeng biasanya akan menggunakan alat yang lebih canggih dan kuat untuk membersihkan saluran pembuangan toilet. Sebaiknya jangan memaksakan diri untuk mencoba membersihkan toilet sendiri jika sudah terlalu parah, karena dapat merusak pipa yang ada di toilet.

5. Lakukan Pencegahan

Yang lebih baik dari mengatasi wc mampet adalah mencegah terjadinya wc mampet akibat pembalut. Berikut adalah beberapa tips pencegahan yang bisa Anda lakukan:

– Jangan membuang sampah ke dalam toilet, termasuk pembalut atau tisu kertas.
– Gunakan tempat sampah untuk membuang sampah yang tidak bisa dibuang ke dalam toilet.
– Bersihkan toilet secara teratur dengan menggunakan pembersih toilet.
– Periksa kembali apakah ada barang atau benda lain yang tertinggal di atas toilet sebelum duduk di atasnya.

Semua cara di atas ampuh untuk mengatasi wc mampet akibat pembalut. Namun, cara terbaik adalah dengan melakukan pencegahan sejak awal agar tidak terjadi wc mampet yang membuat Anda kesal. Dengan melakukan perawatan toilet secara teratur, toilet Anda akan selalu bersih dan bebas dari masalah wc mampet.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *