Cara Mengatasi WC yang Mampet Secara Alami

wc mampet

Mengapa WC Dapat Mampet?

WC yang mampet tentu sangat menjengkelkan. Berbagai hal dapat menyebabkan WC mampet, mulai dari tersumbat oleh benda asing hingga saluran pembuangan yang tersumbat oleh lemak. Masalah ini bisa terjadi pada WC di rumah, kantor, atau bahkan di tempat umum.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan WC menjadi mampet, di antaranya adalah:
– Tersumbatnya saluran pembuangan oleh kotoran atau benda asing seperti tisu toilet, pembalut wanita, atau sisa makanan.
– Adanya sisa lemak atau minyak yang menempel di saluran pembuangan.
– Adanya benda keras di dalam saluran pembuangan yang membuat air mengalir tersendat-sendat.
– Sistem pemipaan yang kaku dikarenakan usia bangunan maupun kesalahan perencanaan.

Melakukan perawatan yang rutin pada WC dapat membantu mencegah terjadinya WC yang mampet. Namun, saat WC sudah mampet ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi WC yang Mampet Secara Alami

Berikut ini adalah beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi WC yang mampet:

1. Gunakan Air Panas

Air panas dapat membantu melarutkan lemak atau minyak yang menempel di saluran pembuangan. Untuk mengatasinya, ambil seember air panas dan tuangkan ke dalam toilet sedikit demi sedikit. Diamkan selama beberapa menit dan coba untuk mengalirkan air menggunakan shower atau gayung yang diberi tekanan.

2. Gunakan Soda Kue

Soda kue atau baking soda juga dapat digunakan untuk mengatasi WC yang mampet. Campurkan setengah cangkir soda kue dengan setengah cangkir cuka dan tuangkan campuran tersebut ke dalam toilet. Diamkan selama beberapa menit dan kemudian coba untuk mengalirkan air menggunakan shower atau gayung.

3. Gunakan Campuran Air dan Sabun Cuci Piring

Campuran air dan sabun cuci piring juga dapat membantu mengatasi WC yang mampet. Campurkan selapis sabun cuci piring ke dalam seember air, kemudian tuangkan campuran tersebut ke dalam toilet. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian coba untuk mengalirkan air menggunakan shower atau gayung.

4. Gunakan Alat Pembersih WC

Alat pembersih WC seperti plunger atau sapu tangan dapat digunakan untuk membersihkan saluran pembuangan yang tersumbat. Letakkan alat tersebut di atas lubang WC dan tekan ke bawah secara perlahan-lahan. Kemudian tarik dengan gerakan menarik menghasilkan tekanan ke atas.

5. Gunakan Kain Lap

Jika WC mampet disebabkan oleh benda asing seperti tisu toilet atau pembalut yang tersumbat saluran, jangan gunakan alat pembersih WC, karena malah bisa mengakibatkan benda tersebut semakin masuk ke dalam WC. Gunakan kain lap untuk mengecek apakah ada benda yang dapat dikeluarkan. Jangan menggunakan tangan karena bisa mengakibatkan cedera.

Catatan Penting

Mengetahui apa penyebab WC menjadi mampet dapat membantu dalam memberi solusi. Saat mengalami WC yang mampet hindari untuk menambahkan air atau mencoba untuk memakai terlalu banyak tekanan. Hal ini hanya akan membuat masalah semakin parah. Jika cara alami gagal membuka saluran pembuangan, ada baiknya untuk memanggil tenaga ahli, yaitu tukang saluran.

Kesimpulan

Terlepas dari penyebab yang membuat WC mampet, terkadang melakukakn perawatan yang rutin pada toilet setiap harus selalu dilakukan. Sehingga WC tetap terawat dan terhindar dari yang terburuk. Namun, jika WC sudah mampet, jangan cemas dan coba gunakan cara-cara alami yang telah kami jelaskan di atas. Semoga tips-tips ini bermanfaat dan dapat membantu Anda mengatasi WC yang mampet dengan mudah dan aman.

SELAMAT MENCOBA! 💩💦🛀

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *