Cara Mengatasi WC Tersumbat dengan Garam

Mampetnya saluran WC bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan dan membuat stres, apalagi jika harus menghadapi tamu yang datang berkunjung. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk membuka saluran WC yang tersumbat, salah satunya adalah dengan menggunakan garam. Di artikel ini akan dijelaskan cara mengatasi WC tersumbat dengan garam secara detail.

Apa itu WC Tersumbat?

Sebelum membahas cara mengatasi WC tersumbat dengan garam, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu WC tersumbat. WC tersumbat terjadi ketika limbah tidak dapat keluar dari toilet karena adanya obstruksi di dalam saluran. Biasanya, obstruksi terdiri dari kotoran, tisu toilet, atau benda asing lainnya yang tidak bisa dihancurkan oleh air. Tanda-tanda WC tersumbat antara lain cairan yang tidak dapat keluar atau bisa keluar dengan sangat lambat sampai petugas plumber diperlukan untuk mengatasinya.

Bagaimana Cara Mengatasi WC Tersumbat dengan Garam?

Saat kita mencari solusi terbaik untuk mengatasi WC tersumbat, mungkin kita akan mempertimbangkan untuk menggunakan cara alami sebelum memutuskan untuk memanggil tukang ledeng. Cara mengatasi WC tersumbat dengan garam adalah cara alami yang ampuh dan mudah dilakukan. Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana cara menggunakan garam untuk membuka saluran WC yang tersumbat:

1. Siapkan Bahan-bahannya

Untuk memulai, Anda akan memerlukan beberapa bahan, yaitu:

– Setengah cangkir garam
– Setengah cangkir baking soda
– 1 cangkir cuka
– Air panas

2. Campur Bahan-bahannya

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah mencampurnya. Campurkan setengah cangkir garam dan setengah cangkir baking soda ke dalam mangkuk besar. Tuangkan satu cangkir cuka ke dalam campuran garam dan soda tersebut. Aduk secara perlahan untuk membuat busa.

3. Siram ke WC yang Tersumbat

Setelah mendapatkan busa, tuangkan campuran tersebut ke dalam WC yang tersumbat. Pastikan campuran menutupi seluruh permukaan dalam WC. Diamkan selama setidaknya 30 menit agar campuran dapat berinteraksi dengan obstruksi di dalam saluran.

4. Siram dengan Air Panas

Setelah mengatasi WC tersumbat dengan garam dan campuran, tuangkan air panas ke dalam WC. Tambahkan secangkir baking soda dan biarkan campuran tersebut selama 15 menit. Kemudian, tarik tuas saluran WC untuk melihat apakah WC dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Manfaat dan Keuntungan Cara Mengatasi WC Tersumbat dengan Garam

Membuka saluran WC yang tersumbat menggunakan bahan-bahan alami seperti garam dan soda kue dapat sangat menguntungkan. Beberapa manfaatnya antara lain:

1. Hemat Biaya

Memanggil plumber untuk mengatasi WC tersumbat tentunya memerlukan biaya yang cukup mahal terutama jika saluran WC berada pada lantai yang sangat tinggi atau di suatu tempat yang sulit dijangkau. Dengan menggunakan garam sebagai solusinya, Anda dapat menghemat biaya yang perlu dikeluarkan.

2. Ramah Lingkungan

Ketika kita memutuskan untuk menggunakan produk kimia pembersih WC, kita sering mengabaikan aspek lingkungan. Namun, dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti garam dan soda untuk membersihkan WC, kita bisa lebih memperhatikan aspek lingkungan dan mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya.

3. Mudah Dilakukan

Cara mengatasi WC tersumbat dengan garam, soda kue dan air panas adalah cara yang mudah dilakukan bahkan oleh orang yang tak berpengalaman di bidang plumbing. Selain mudah dan efektif, bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah dicari di rumah dan dijual di supermarket.

Catatan Penting

Meskipun menggunakan garam untuk membuka saluran WC yang tersumbat merupakan cara yang efektif dan alami, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Jangan Campurkan Bahan-Bahan yang Tidak Sesuai

Pastikan untuk tidak mencampurkan bahan-bahan lain ke dalam campuran garam dan soda kue, seperti bahan kimia lain yang dapat menyebabkan bahaya dan menghilangkan keampuhan bahan alami tersebut.

2. Jangan Gunakan Terlalu Banyak Garam

Terlalu banyak garam bisa memperparah masalah WC tersumbat dan dapat merusak pipa. Pastikan hanya menggunakan secukupnya saja.

3. Gunakan Sarung Tangan dan Kacamata Pelindung

Sebelum melakukan proses membuka WC yang tersumbat dengan garam, pastikan untuk menggunakan sarung tangan dan kacamata pelindung untuk menghindari kontak dengan campuran tersebut.

Kesimpulan

Mengatasi WC tersumbat mungkin terlihat seperti masalah kecil, namun jika tidak diatasi dengan benar bisa menjadi masalah besar dan memperparah situasi. Cara mengatasi WC tersumbat dengan garam adalah cara yang alami dan efektif yang dapat dilakukan sendiri tanpa harus memanggil tukang ledeng dan yang paling penting ramah lingkungan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat dengan mudah membuka saluran WC yang tersumbat dengan cara yang aman, sederhana, dan efektif.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *