cara ampuh mengatasi wc mampet dengan garam

# Cara Ampuh Mengatasi WC Mampet dengan Garam

Anda pasti pernah mengalami toilet mampet di rumah atau di tempat kerja yang sangat menjengkelkan. Masalah ini memang bisa terjadi kapan saja dan juga kepada siapa saja. Mampetnya toilet bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti bekas sabun, rambut, tissue atau makanan yang tersumbat di saluran pembuangan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kali ini kami akan memberikan solusi yang ampuh untuk mengatasi WC mampet yaitu dengan menggunakan garam.

## Apa itu Garam dan Cara Menggunakannya?

Garam adalah bahan dapur yang digunakan untuk memberi rasa pada makanan. Selain itu, garam juga tersedia dalam bentuk kristal dan digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti membersihkan kotoran di peralatan dapur. Garam juga memiliki kandungan sodium yang dapat membantu membersihkan saluran pembuangan toilet yang tersumbat.

Cara menggunakan garam untuk membersihkan toilet mampet adalah sebagai berikut:

1. Siapkan empat liter air panas dalam ember.
2. Tambahkan satu gelas garam ke dalam ember air panas.
3. Tuangkan campuran air dan garam ke dalam toilet yang tersumbat.
4. Diamkan selama beberapa jam.
5. Jangan menggunakan toilet selama campuran air dan garam masih berada di saluran pembuangan.
6. Setelah beberapa jam, siram toilet dengan air dingin sampai tersiram sempurna.

## Keuntungan Menggunakan Garam untuk Membersihkan Toilet

1. Lebih Murah

Menggunakan garam sebagai solusi untuk membersihkan toilet mampet jauh lebih murah dibandingkan dengan memanggil tukang ledeng atau membeli cairan pembersih khusus toilet.

2. Bebas dari Bahan Kimia

Garam merupakan bahan yang aman dan bebas dari bahan kimia yang dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia. Oleh karena itu, menggunakan garam sebagai solusi untuk membersihkan toilet mampet jauh lebih baik daripada produk pembersih kimia.

3. Mudah Ditemukan

Garam merupakan bahan yang mudah ditemukan di dapur rumah. Anda tidak perlu repot-repot mencari bahan-bahan khusus di toko karena garam dapat Anda temukan dengan mudah di gudang dapur.

4. Efektif

Garam bekerja membantu membersihkan saluran pembuangan toilet yang tersumbat karena sodium dalam garam dapat membantu memecah benda-benda yang menyumbat toilet.

## Tindakan Pencegahan Agar Toilet Tidak Mampet

Setelah mengetahui solusi untuk membersihkan toilet mampet menggunakan garam, Anda juga perlu melakukan tindakan pencegahan agar toilet di rumah Anda tidak mudah tersumbat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda:

1. Jangan Buang Benda Asing ke dalam Toilet

Seringkali kita menganggap toilet sebagai tempat buang sampah sembarang. Padahal, sebenarnya toilet hanya digunakan untuk membuang kotoran dan air saja.

2. Bersihkan Toilet Secara Teratur

Melakukan pembersihan toilet secara rutin adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah toilet mampet. Pastikan Anda membersihkan toilet setiap hari ataupun seminggu sekali.

3. Gunakan Sedotan untuk Menyingkirkan Rambut

Jika Anda sering menemukan rambut yang tersangkut di toilet, gunakan sedotan untuk menarik rambut yang tersangkut agar tidak menyumbat toilet.

4. Gunakan Saringan

Jika Anda sering mencuci rambut atau membersihkan binatang peliharaan, gunakan saringan di saluran pembuangan agar bulu-bulu hewan atau rambut tidak masuk ke dalam toilet dan menyebabkan toilet tersumbat.

## Kesimpulan

Itulah cara ampuh untuk mengatasi WC mampet secara alami dengan garam. Selain lebih murah dan mudah dilakukan, penggunaan garam juga lebih aman bagi lingkungan dan juga kesehatan Anda. Pastikan Anda melakukan tindakan pencegahan agar toilet di rumah Anda tidak mudah tersumbat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *