Cara Mengatasi Toilet Tersumbat yang Ampuh

Apapun penyebabnya, kamu tentu tidak ingin mengalami toilet tersumbat di rumah atau tempat kerja. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara mengatasi toilet tersumbat yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan tidak perlu memanggil tukang ledeng.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan tips dan trik untuk mengatasi toilet tersumbat. Namun, terlebih dahulu kenali penyebabnya, antara lain:

Kesalahan Menggunakan Toilet

Terlalu sering membuang sampah pada toilet, seperti tisu, kapas, pembalut wanita, maupun kain lap, bisa menyebabkan toilet tersumbat. Selain itu, terlalu banyak menggunakan kertas toilet juga dapat menjadi penyebab masalah ini.

Permasalahan Pada Pipa

Salah satu penyebab toilet tersumbat adalah karena adanya sumbatan atau permasalahan di dalam saluran pipa. Hal ini dapat terjadi karena adanya timbunan sampah seperti lemak, minyak, serta sisa makanan yang tidak sengaja terbuang pada wastafel atau sink.

Saluran Air Tersumbat

Kebersihan saluran air juga sangat memengaruhi keberlangsungan fungsi toilet. Jika membiarkannya kotor, maka bukan tidak mungkin akan terjadi penyumbatan di toilet.

Pipa Bawah Tanah Rusak

Masalah ini tentu saja membutuhkan penanganan khusus dan perbaikan oleh tukang ledeng atau pipa.

Alat Penyiram Toilet Rusak

Kendala yang satu ini mungkin kurang disadari, namun bisa menjadi penyebab toilet tersumbat. Jika alat penyiram toilet mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik, maka risiko tersumbat pun lebih besar.

Dengan mengetahui penyebabnya, berikut 5 cara mengatasi toilet tersumbat:

Pertama, Gunakan Plunger

Plunger, atau beduk, bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi toilet tersumbat. Langkahnya cukup mudah, yaitu:

– Tuangkan detergen atau sabun cuci ke dalam air toilet
– Biarkan beberapa saat hingga detergen meresap
– Masukkan plunger ke dalam toilet
– Tekan plunger ke bawah beberapa kali
– Buang tissue atau sampah yang tersumbat ke dalam toilet
– Lalu flush toilet hingga air mengalir lancar

Cara ini cukup ampuh dan mudah dilakukan, namun harus dilakukan dengan hati-hati. Pastikan kamu menutup rapat lubang saluran udara sebelum menggunakan plunger agar tekanan air bisa bekerja secara maksimal.

Kedua, Gunakan Cairan Pencuci Pipa

Cairan pencuci pipa dapat menguraikan endapan lemak maupun sampah yang tersumbat di dalam pipa toilet. Namun, pastikan kamu memilih cairan yang aman dan terpercaya agar tidak merusak pipa atau membuat masalah lainnya. Berikut langkah-langkahnya:

– Tuangkan cairan pencuci pipa ke dalam toilet
– Tunggu beberapa saat hingga cairan meresap
– Lalu flush toilet hingga air mengalir lancar

Untuk mempercepat proses, kamu dapat menggunakan air panas untuk mencuci toilet terlebih dahulu. Namun, hati-hati saat menggunakan cairan pencuci pipa dan jangan mencampurnya dengan bahan kimia lain.

Ketiga, Gunakan Baking Soda dan Cuka

Cara yang satu ini adalah cara alami yang aman untuk lingkungan. Baking soda dan cuka dapat membantu melarutkan sampah yang tersumbat di dalam toilet. Berikut panduannya:

– Tuangkan 1 cangkir baking soda ke dalam toilet
– Tuangkan 1 cangkir cuka ke dalam toilet
– Biarkan campuran ini di dalam toilet selama beberapa menit
– Lalu flush toilet dengan air panas hingga air mengalir lancar

Baking soda dan cuka adalah bahan yang mudah didapat di dapur rumah, jadi kamu tidak perlu bersusah payah mencarinya.

Keempat, Gunakan Obat Pembersih Toilet

Obat pembersih toilet yang tersedia di pasaran juga bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi toilet tersumbat. Namun, pastikan kamu memilih produk yang aman dan terpercaya. Berikut langkah-langkahnya:

– Tuangkan obat pembersih toilet ke dalam toilet
– Biarkan beberapa saat hingga obat meresap
– Lalu flush toilet atau bilas dengan air hingga toilet bersih

Perlu diingat bahwa obat pembersih toilet mengandung bahan kimia yang sangat kuat sehingga harus digunakan dengan hati-hati dan sesuai aturan. Pastikan juga untuk membaca petunjuk penggunaan sebelum mengaplikasikan produk ini pada toilet.

Terakhir, Panggil Tukang Ledeng

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, maka kamu membutuhkan bantuan dari profesional. Panggil tukang ledeng untuk memeriksa dan membersihkan toilet dari penyumbatan yang terjadi. Selain itu, tukang ledeng juga bisa mengecek kualitas pipa dan saluran air untuk memastikan tidak ada masalah pada sistem tersebut.

Itulah 5 cara mengatasi toilet tersumbat yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Di antara cara-cara tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti memilih produk yang aman dan mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar. Jangan khawatir jika semua cara tersebut tidak berhasil, kamu selalu bisa memanggil tukang ledeng untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Ingat, menjaga toilet tetap bersih dan terawat tentu lebih baik daripada harus menghadapi masalah cukup serius karena toilet tersumbat. Semoga tips di atas dapat membantumu dalam mengatasi toilet tersumbat di rumah atau tempat kerjamu! 🚽💦

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *