Cara Mengatasi Saluran Paralon Mampet

Mampetnya saluran paralon dapat menyebabkan berbagai macam masalah, seperti bau tak sedap, air yang tidak lancar mengalir, bahkan bisa menyebabkan rumah banjir. Untuk itu, Anda harus segera menanganinya. Apabila Anda tidak ingin repot memanggil tukang ledeng, berikut adalah cara mengatasi saluran paralon mampet yang bisa Anda coba.

Menggunakan Cairan Pembersih Saluran

Metode paling mudah dan murah untuk membersihkan saluran paralon yang mampet adalah dengan menggunakan cairan pembersih saluran. Cairan tersebut tersedia di pasaran dan dapat Anda beli dengan mudah. Cara penggunaannya pun sangat mudah, cukup tuangkan cairan tersebut ke dalam saluran paralon yang mampet, diamkan selama beberapa saat, kemudian siram dengan air panas. Cairan pembersih saluran mengandung bahan-bahan kimia yang bisa melarutkan kotoran dan lemak yang menempel pada dinding saluran paralon.

Namun, perlu diingat bahwa cairan pembersih saluran memiliki bahan kimia yang kuat, sehingga penggunaannya harus hati-hati. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan dan jangan menggunakannya terlalu sering. Penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada saluran paralon.

Menggunakan Alat Pembersih Saluran

Jika saluran paralon mampet terlalu parah, Anda bisa menggunakan alat pembersih saluran. Alat ini biasanya berbentuk seperti kawat yang lentur dengan ujung yang tajam. Cara penggunaannya adalah dengan memasukkan ujung alat tersebut ke dalam saluran paralon yang mampet, kemudian memutar-mutarnya agar kotoran yang menempel bisa terangkat. Setelah itu, siram dengan air panas.

Alat pembersih saluran juga mudah Anda dapatkan di toko-toko bangunan. Namun, penggunaannya cukup sulit dan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak saluran paralon. Jika Anda tidak percaya diri menggunakan alat ini, lebih baik memanggil tukang ledeng.

Menggunakan Plumbing Snake

Plumbing snake merupakan alat pembersih saluran yang lebih canggih dari alat pembersih saluran biasa. Alat ini memiliki kawat yang lebih panjang dan terdapat pegangan yang bisa Anda putar-putar untuk memasukkan kawatnya ke dalam saluran paralon yang mampet. Setelah masuk, Anda cukup memutar-putar kawatnya sehingga kotoran yang menempel pada dinding saluran bisa terangkat.

Salah satu kelebihan menggunakan plumbing snake adalah lebih aman untuk saluran paralon di dalam tembok. Namun, alat ini cukup mahal dan membutuhkan keahlian khusus untuk menggunakannya. Jika belum terbiasa, lebih baik memanggil tukang ledeng untuk memperbaiki saluran paralon yang mampet.

Memanfaatkan Bahan Alami

Ternyata, bahan-bahan alami seperti baking soda, garam, dan cuka bisa juga digunakan untuk membersihkan saluran paralon yang mampet. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Pertama-tama, tuangkan baking soda ke dalam saluran paralon yang mampet, kemudian tuangkan garam. Setelah itu, tuangkan cuka perlahan ke dalam saluran tersebut. Biarkan beberapa saat hingga bereaksi, kemudian siram dengan air panas.

Bahan-bahan alami tersebut kaya akan zat kimia yang bisa membersihkan saluran paralon dengan baik. Selain itu, penggunaannya pun lebih aman bagi lingkungan dan saluran paralon.

Menjaga Kebersihan Saluran Paralon

Saluran paralon juga perlu dijaga kebersihannya agar tidak mudah mampet. Caranya adalah dengan menghindari membuang sampah yang mudah menyumbat saluran seperti sisa makanan dan plastik ke dalam wastafel atau toilet. Selain itu, pastikan saluran paralon terpasang dengan baik dan tidak ada retakan atau sambungan yang longgar yang bisa menyebabkan kotoran menumpuk di dalamnya.

Membongkar saluran paralon untuk membersihkannya juga bisa menjadi pilihan. Namun, metode ini cukup sulit dan membutuhkan keahlian khusus, lebih baik memanggil tukang ledeng untuk mengerjakannya.

Penutup

Mampetnya saluran paralon bisa menjadi masalah serius jika tidak segera ditangani. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan mudah dengan beberapa cara, seperti menggunakan cairan pembersih saluran, alat pembersih saluran, bahan alami, dan menjaga kebersihan saluran paralon. Namun, jika Anda tidak percaya diri atau kesulitan mengatasinya sendiri, lebih baik memanggil tukang ledeng untuk memperbaiki saluran paralon yang mampet. Jangan memaksakan diri atau mengabaikan masalah mampetnya saluran paralon, segera atasi agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *