Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Baking Soda

Apakah Anda sering mengalami masalah dengan saluran air yang mampet? Masalah ini tentu sangat mengganggu kenyamanan rumah dan dapat menyebabkan berbagai kerusakan yang lebih serius jika tidak segera ditangani. Namun, sebelum memanggil tukang ledeng dan membayar mahal untuk memperbaiki masalah ini, ada beberapa cara yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Salah satunya adalah menggunakan baking soda.

Baking soda adalah bahan yang ramah lingkungan dan aman untuk digunakan pada saluran air. Selain itu, baking soda juga dapat membantu membersihkan saluran air secara efektif tanpa merusak pipa. Berikut adalah beberapa cara mengatasi saluran air mampet dengan baking soda.

1. Menggunakan Baking Soda dan Air Panas

LSI keywords:
– Menggunakan baking soda dan air panas
– Membersihkan saluran air
– Cara mengatasi saluran air mampet dengan baking soda

Cara pertama yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan baking soda dan air panas. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah cangkir baking soda dengan beberapa cangkir air panas. Setelah itu, tuangkan campuran ini ke dalam saluran air yang mampet dan biarkan selama 10-15 menit. Kemudian, bilas dengan air panas yang mengalir deras selama beberapa menit.

Note: Pastikan Anda tidak menaruh air yang terlalu panas ke dalam saluran air, karena ini dapat merusak pipa dan menimbulkan masalah baru.

2. Mencampurkan Baking Soda dengan Cuka

LSI keywords:
– Menggunakan baking soda dan cuka
– Membersihkan saluran air
– Cara mengatasi saluran air mampet dengan baking soda

Cara kedua adalah dengan mencampurkan baking soda dan cuka. Caranya adalah dengan menaburkan setengah cangkir baking soda ke dalam saluran air yang mampet, kemudian tuangkan setengah cangkir cuka di atasnya secara perlahan. Tutup lubang saluran air dengan stopper atau dengan lap selama beberapa menit. Kemudian, tuangkan air panas untuk membilasnya.

Note: Perlu diingatkan bahwa penggunaan cuka pada pipa yang terbuat dari logam harus dilakukan dengan hati-hati, karena cuka dapat merusak logam.

3. Mencampurkan Baking Soda dengan Garam

LSI keywords:
– Menggunakan baking soda dan garam
– Membersihkan saluran air
– Cara mengatasi saluran air mampet dengan baking soda

Cara ketiga adalah dengan mencampurkan baking soda dan garam. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah cangkir baking soda dengan setengah cangkir garam, kemudian taburkan campuran ini ke dalam saluran air yang mampet dan tutup dengan stopper selama beberapa jam. Setelah itu, tuangkan air panas selama beberapa menit sampai saluran air benar-benar bersih.

Note: Perlu diingatkan bahwa garam dapat merusak pipa PVC, jadi gunakan cara ini hanya jika pipa Anda terbuat dari bahan yang tahan terhadap garam.

4. Mencampurkan Baking Soda dengan Lemon

LSI keywords:
– Menggunakan baking soda dan lemon
– Membersihkan saluran air
– Cara mengatasi saluran air mampet dengan baking soda

Cara keempat adalah dengan mencampurkan baking soda dengan lemon. Caranya adalah dengan menaburkan setengah cangkir baking soda di atas saluran air yang mampet, kemudian tuangkan setengah cangkir jus lemon secara perlahan. Biarkan campuran ini bereaksi selama beberapa menit dan akhiri dengan membilasnya dengan air panas.

Note: Cara ini tidak cocok untuk saluran air yang terbuat dari marmer atau batu kapur, karena jus lemon dapat merusak permukaannya.

5. Mencampurkan Baking Soda dengan Deterjen Piring

LSI keywords:
– Menggunakan baking soda dan deterjen piring
– Membersihkan saluran air
– Cara mengatasi saluran air mampet dengan baking soda

Cara kelima adalah dengan mencampurkan baking soda dengan deterjen piring. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah cangkir baking soda dengan setengah cangkir deterjen piring, kemudian tuangkan campuran ini ke dalam saluran air yang mampet. Biarkan selama beberapa menit dan bilas dengan air panas.

Note: Anda juga dapat menambahkan garam ke dalam campuran ini untuk membersihkan saluran air yang lebih kotor.

Itulah beberapa cara mengatasi saluran air mampet dengan baking soda yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Ingatlah selalu untuk berhati-hati saat menggunakan bahan-bahan ini dan tidak menaruh bahan-bahan yang dapat merusak pipa ke dalam saluran air. Jika masalah ini terus berlanjut dan tidak dapat ditangani sendiri, segera hubungi tukang ledeng terdekat untuk mendapatkan bantuan profesional.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *