Cara Mengatasi Saluran Bilik Air Tersumbat

Apakah Anda pernah mengalami saluran bilik air tersumbat di rumah? Hal ini tentu sangat menjengkelkan, terutama jika Anda tidak tahu cara mengatasinya. Saluran bilik air yang tersumbat dapat mengakibatkan bau yang tidak sedap, genangan air, dan bahkan banjir di dalam rumah. Maka dari itu, artikel ini akan membahas cara mengatasi saluran bilik air tersumbat dengan tepat dan efektif.

Cara Mengatasi Saluran Bilik Air Tersumbat dengan Menggunakan Alat Pembersih Saluran

Salah satu cara yang paling umum dan mudah dilakukan untuk mengatasi saluran bilik air tersumbat adalah dengan menggunakan alat pembersih saluran. Anda dapat membeli alat pembersih saluran di toko bangunan atau online shop. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Masukkan ujung alat pembersih saluran ke dalam lubang saluran bilik air.
2. Putar alat dengan perlahan hingga Anda merasakan hambatan.
3. Tarik alat dengan perlahan dan keluarkan dari saluran.
4. Ulangi langkah-langkah tersebut hingga saluran terbuka dan air dapat mengalir dengan lancar.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan alat pembersih saluran harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Jangan menggunakan terlalu keras karena dapat merusak saluran. Selain itu, jika Anda tidak yakin dalam menggunakan alat pembersih saluran, sebaiknya meminta bantuan dari profesional.

Cara Mengatasi Saluran Bilik Air Tersumbat dengan Menggunakan Bahan Rumahan

Tidak hanya menggunakan alat pembersih saluran, Anda juga bisa menggunakan bahan rumahan untuk mengatasi saluran bilik air yang tersumbat. Berikut adalah beberapa bahan yang dapat digunakan:

1. Larutan Soda Kue

Campurkan satu cangkir soda kue dengan satu cangkir cuka putih. Tuangkan campuran tersebut ke dalam lubang saluran bilik air yang tersumbat. Diamkan selama 30 menit, lalu tuangkan air panas untuk membersihkan saluran.

2. Soda Api dan Air Panas

Tuangkan satu cangkir soda api ke dalam lubang saluran bilik air yang tersumbat, kemudian tuangkan air panas hingga lubang penuh. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

3. Garam, Soda Api, dan Air Panas

Campurkan setengah cangkir garam dan setengah cangkir soda api, kemudian tuangkan campuran tersebut ke dalam lubang saluran bilik air. Tunggu selama 10-15 menit, lalu tuangkan air panas hingga lubang penuh.

Cara Mengatasi Saluran Bilik Air Tersumbat dengan Perawatan Teratur

Salah satu cara terbaik untuk mencegah saluran bilik air tersumbat adalah dengan melakukan perawatan teratur. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Membersihkan Sisa Makanan

Pastikan Anda tidak membuang sisa makanan di wastafel. Sisa makanan dapat menyebabkan saluran tersumbat. Buang sisa makanan di tempat sampah atau komposter.

2. Membersihkan Rambut

Rambut adalah penyebab umum saluran bilik air tersumbat. Gunakan strainer atau jaring di lubang saluran bilik air untuk menghalangi rambut masuk ke dalam saluran.

3. Menggunakan Pembersih Saluran Bilik Air

Anda dapat menggunakan pembersih saluran bilik air secara teratur untuk mencegah saluran tersumbat. Pastikan Anda memilih pembersih saluran yang tepat dan mengikuti petunjuk penggunaan yang benar.

Cara Mengatasi Saluran Bilik Air Tersumbat dengan Mencari Bantuan Profesional

Jika cara-cara di atas tidak berhasil atau Anda tidak merasa nyaman untuk melakukan sendiri, maka sebaiknya meminta bantuan dari profesional. Anda dapat memanggil tukang ledeng atau ahli saluran air yang berpengalaman untuk mengatasi saluran bilik air yang tersumbat.

Ingatlah bahwa mengatasi saluran bilik air tersumbat memerlukan kehati-hatian dan ketelitian. Pilihlah cara yang tepat dan sesuaikan dengan kondisi saluran di rumah Anda. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari profesional jika diperlukan. Dengan mengatasi saluran bilik air tersumbat dengan tepat dan efektif, maka Anda dapat mencegah terjadinya kerusakan lebih lanjut dan menjaga kebersihan di dalam rumah.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *