Cara Mengatasi Saluran Cuci Piring Mampet dengan Soda Api

Ketika anda mengerjakan pekerjaan rumah, masalah saluran cuci piring mampet tentunya sering terjadi. Bahan – bahan yang tidak sengaja masuk ke dalam saluran cuci piring seperti sisa makanan, minyak, dan sabun seringkali menjadi penyebabnya. Terkadang, meskipun sudah melakukan berbagai cara membersihkannya, saluran masih tetap mampet dan hal ini tentunya menyebalkan.

Namun, jangan khawatir! Ada trik khusus yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah saluran cuci piring mampet, yaitu dengan menggunakan soda api. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa memanggil tukang ledeng ke rumah. Yuk, simak cara mengatasi saluran cuci piring mampet dengan soda api berikut ini!

1. Persiapan Awal

Sebelum memulai, persiapkan bahan – bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Pastikan membawa sarung tangan untuk melindungi tangan anda dari soda api. Selain itu, siapkan juga air panas, soda api, dan cuka sebagai bahan pengganti deterjen.

2. Rendam Area Seperti Bak Cuci Piring

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah merendam area seperti bak cuci piring dengan air panas. Kemudian, tuangkan soda api dan biarkan selama 30 menit.

Emojis: πŸšΏπŸ’¦πŸ•°οΈπŸ§€

3. Bilas dengan Air Dingin

Setelah 30 menit, bilaslah dengan air dingin sampai benar – benar bersih. Kemudian, masukkan cuka ke dalam saluran dan tunggu sekitar 10 – 15 menit.

Emojis: πŸŒ‘οΈπŸšΏπŸ’§πŸ†’πŸ₯£πŸ΄

4. Lakukan Beberapa Kali Jika Masih Tidak Teratasi

Jika masalah saluran cuci piring mampet masih belum teratasi, lakukanlah langkah ini sebanyak beberapa kali hingga saluran cuci piring benar – benar lancar.

5. Langkah Pencegahan

Selain tips-tips di atas, sebaiknya anda juga melakukan tips pencegahan agar saluran cuci piring tidak cepat bermasalah. Beberapa langkah yang dapat dilakukan seperti:

– Jangan memasukkan bahan-bahan yang tidak seharusnya masuk ke dalam saluran cuci piring.

– Gunakan penghalang saluran untuk sisa makanan.

– Bersihkan saluran cuci piring secara berkala dengan air panas.

Emojis: πŸ”ŽπŸ‘€πŸ½οΈπŸš«β™¨οΈπŸ‘

Demikianlah cara mengatasi saluran cuci piring mampet dengan soda api. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati ketika menggunakan soda api dan gunakan sarung tangan agar terhindar dari bahaya. Dengan melakukan tips pencegahan secara rutin, diharapkan masalah saluran cuci piring mampet tidak akan terjadi lagi.

Catatan Penting:

– Pada saat menuangkan soda api, pastikan tidak ada bahan-bahan lain seperti air di dalam saluran. Hal ini akan mengalami reaksi eksotermik yang dapat membahayakan.
– Jangan menggunakannya pada pipa PVC atau plastik lainnya yang mudah larut karena soda api dapat merusaknya.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *