Cara Cepat Mengatasi Saluran Air Mampet

Air mampet di dalam rumah dapat menyebabkan banyak masalah seperti bau tak sedap, genangan air dan bahkan dapat merusak perabotan rumah. Namun, jangan khawatir karena ada banyak cara cepat mengatasi saluran air mampet. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mencegah Saluran Air Mampet

Sebelum membahas cara mengatasi saluran air mampet, sudah seharusnya kita mencegah terjadinya masalah tersebut. Cara paling mudah untuk mencegah saluran air mampet adalah dengan rajin membersihkan saluran air. Selain itu, juga sekiranya tidak membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang makanan atau minyak goreng ke dalam wastafel atau toilet.

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Menggunakan Air Panas

Salah satu cara yang banyak dilakukan untuk mengatasi saluran air mampet adalah dengan menggunakan air panas. Caranya cukup mudah, cukup curahkan air panas ke dalam lubang saluran air yang tersumbat. Diamkan selama beberapa menit hingga rongga saluran air terbuka. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi masalah saluran air mampet.

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Menggunakan Garam

Garam juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi saluran air mampet. Campurkan garam dengan baking soda dan curahkan ke dalam lubang saluran air yang tersumbat. Setelah itu, curahkan air panas ke dalam saluran air. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan banyak air. Garam dapat membantu melarutkan kotoran yang menyumbat saluran air.

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Menggunakan Pipa Pembuang

Jika kedua cara di atas tidak berhasil mengatasi saluran air mampet, maka Anda bisa menggunakan pipa pembuang. Pipa pembuang dapat membantu melancarkan aliran air dengan menghancurkan kotoran yang menyumbat. Caranya adalah dengan memasukkan pipa pembuang ke dalam lubang saluran air yang tersumbat lalu melakukan gerakan maju-mundur. Setelah itu, bilas dengan air panas selama beberapa menit.

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Menggunakan Plunger

Selain menggunakan pipa pembuang, Anda juga bisa menggunakan plunger untuk mengatasi saluran air mampet. Caranya cukup mudah, letakkan plunger di atas lubang saluran air dan tekan-tekan dengan gerakan maju-mundur. Hal ini akan membuat tekanan udara dan membantu menghancurkan kotoran yang menyumbat.

Catatan Penting

Meski cara-cara di atas terbilang cukup efektif untuk mengatasi saluran air mampet, namun tetap banyak yang harus diperhatikan. Hindari membuang sampah pada saluran air, tidak membuang sisa makanan dan minyak goreng ke dalam wastafel atau toilet. Selalu bersihkan saluran air secara rutin dan hindari menumpuk kotoran di dalam saluran air.

Jadi, itu dia cara cepat mengatasi saluran air mampet. Segera lakukan tips-tips di atas jika Anda mengalami masalah tersebut. Jangan sampai saluran air mampet mengganggu kenyamanan di rumah Anda.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *