Cara Mudah Mengatasi Saluran Air yang Mampet

Saluran air yang mampet adalah masalah yang umumnya terjadi di rumah-rumah kita. Ketika air tidak bisa mengalir dengan lancar, dapat menyebabkan bau yang tidak sedap dan bahkan kerusakan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi saluran air yang mampet dengan mudah agar rumah selalu tetap bersih dan sehat. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mengatasi saluran air yang mampet.

1. Gunakan Campuran Air Panas dan Soda Kue

Jika anda memiliki saluran air yang mampet, ada kemungkinan besar bahwa perubahan suhu air dapat membantu membersihkannya. Campurkan air panas dan soda kue dalam mangkuk dan aduk hingga soda kue terlarut. Kemudian, tuangkan campuran ini ke dalam lubang saluran air yang mampet. Tunggu beberapa menit dan kemudian tuangkan air panas. Prosedur ini sebaiknya dilakukan beberapa kali hingga saluran air benar-benar terbuka. Gunakan sarung tangan untuk menghindari terbakarnya tangan anda oleh air panas.

2. Gunakan Pembersih Saluran Air yang Ramah Lingkungan

Ada banyak pembersih saluran air yang tersedia di pasaran, namun tidak semuanya ramah lingkungan. Beberapa bahkan dapat merusak pipa saluran air atau menimbulkan masalah lain. Pilihlah pembersih saluran air yang aman dan ramah lingkungan seperti baking soda, cuka atau campuran air dan garam. Pembersih ini alami dan biodegradable, sehingga tidak akan merusak lingkungan dan kesehatan anda.

3. Gunakan Alat Pembersih Saluran Air

Alat pembersih saluran air seperti pegas pipa atau plunger dapat membantu anda membersihkan saluran air yang mampet. Pegas pipa digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam saluran air dan diputar ke arah yang berlawanan dengan jarum jam. Dengan cara ini, pegas akan menyentuh penyebab mampet seperti kotoran atau rambut dan mengeluarkannya. Plunger juga dapat digunakan untuk membersihkan saluran air yang mampet. Letakkan plunger pada lubang saluran air dan tekan dan tarik secara bergantian untuk membuka saluran air yang mampet.

4. Gunakan Air Panas dan Garam

Air panas dan garam dapat membantu membersihkan saluran air yang mampet. Campurkan garam ke dalam air panas dan aduk hingga garam terlarut. Kemudian, tuangkan ke dalam lubang saluran air yang mampet. Biarkan selama beberapa menit hingga saluran air terbuka. Metode ini cocok digunakan pada pipa pvc atau pipa lain yang bisa terlarut oleh air panas.

5. Cuci Saluran Air dengan Soda Kue dan Cuka

Soda kue dan cuka dapat membantu memecahkan kotoran dan membersihkan saluran air yang mampet. Letakkan soda kue ke dalam lubang saluran air dan kemudian tuangkan cuka. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian tuangkan air panas. Metode ini cocok untuk digunakan pada pipa besi atau pipa logam lainnya.

Kesimpulan

Mengatasi saluran air yang mampet dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus memanggil tukang ledeng. Beberapa cara seperti menggunakan campuran air panas dan soda kue atau pembersih saluran air yang ramah lingkungan dapat membantu mengatasi masalah ini. Dan penggunaan alat pembersih saluran air juga bisa membantu. Pastikan untuk memilih metode yang paling sesuai dengan jenis pipa yang anda miliki. Dengan tips dan trik diatas, anda dapat menghemat waktu dan uang serta tetap menjaga rumah anda tetap bersih dan sehat.

> Catatan: Selalu gunakan sarung tangan ketika membersihkan saluran air. Jangan gunakan air mendidih jika pipa anda yang terpasang adalah pipa PVC atau plastik, karena dapat merusak pipa yang terpasang.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *