Cara Mengatasi Saluran Pembuangan Air Kamar Mandi yang Mampet

Mampetnya saluran pembuangan air kamar mandi bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Hal ini bisa membuat penghuni rumah tidak nyaman karena kamar mandi tidak bisa digunakan dengan baik. Selain itu, jika tidak segera ditangani bisa menjadi risiko kesehatan karena kotoran dan air kotor bisa tergenang di dalam kamar mandi. Berikut adalah beberapa cara mengatasi saluran pembuangan air kamar mandi yang mampet.

Menggunakan Alat Pembersih Saluran

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi saluran pembuangan air yang mampet adalah dengan menggunakan alat pembersih saluran. Ada dua jenis alat pembersih saluran yang bisa digunakan, yaitu plunger dan snake. Plunger adalah alat yang paling umum digunakan oleh banyak orang. Plunger bekerja dengan menarik dan mendorong udara sehingga tekanan di dalam saluran akan berubah. Tekanan inilah yang akan membantu mengeluarkan benda yang menyumbat saluran.

Namun, jika plunger tidak bisa mengatasi masalah, Anda bisa menggunakan snake. Snake adalah alat yang digunakan untuk membuka penyumbatan di dalam saluran. Cara kerja snake adalah dengan memasukkan ujungnya ke dalam saluran pembuangan dan menggerakkannya ke kanan dan ke kiri hingga menemukan benda yang menyumbat saluran. Kemudian tarik bekas penyumbat keluar dari saluran dengan hati-hati. Pembersihan saluran dengan snake sebaiknya dilakukan oleh ahli kamar mandi atau tukang ledeng, karena ada risiko kerusakan pada saluran jika digunakan dengan tidak benar.

Menciptakan Campuran Pembersih Alami

Selain menggunakan alat pembersih saluran, Anda juga bisa menciptakan campuran pembersih alami yang efektif untuk membersihkan saluran pembuangan yang mampet. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah campuran baking soda dan cuka. Campurkan 1/2 cangkir baking soda dan 1/2 cangkir cuka dan tuangkan ke dalam saluran pembuangan. Biarkan selama 30 menit hingga terasa sakit tenggorokan. Kemudian tuangkan air panas hingga saluran pembuangan bersih.

Ada juga beberapa bahan alami lain yang bisa digunakan sebagai pembersih saluran, seperti soda kue, cuka putih, dan garam. Anda bisa menciptakan campuran yang sesuai dengan bahan alami yang ada di rumah. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan bahan kimia yang berlebihan dapat merusak saluran pembuangan.

Memeriksa dan Membersihkan Filter Saluran

Saluran pembuangan kamar mandi biasanya dilengkapi dengan filter untuk mencegah benda-benda besar masuk ke dalam saluran. Namun, filter ini juga perlu dibersihkan secara teratur agar saluran pembuangan tidak mampet. Cek filter setiap bulan dan bersihkan jika ditemukan benda-benda yang menyumbat. Anda dapat membersihkan filter dengan air atau dengan menggunakan sabun cuci piring. Selain itu, pastikan filter sudah terpasang dengan benar setelah dibersihkan.

Periksa Sistem Pembuangan Air Secara Keseluruhan

Jika semua cara di atas tidak berhasil mengatasi masalah saluran pembuangan yang mampet, kemungkinan ada masalah dengan sistem pembuangan air keseluruhan. Sistem ini terdiri dari pipa-pipa pembuangan di dalam dan di luar rumah. Jika ada kerusakan pada salah satu pipa, maka saluran pembuangan kamar mandi juga akan terganggu.

Agar sistem pembuangan air dapat berfungsi dengan baik, Anda perlu melakukan pemeriksaan secara berkala. Periksa apakah ada kerusakan pada pipa dan pastikan semua fitting terpasang dengan benar. Jika terdapat kerusakan atau masalah yang tidak dapat Anda atasi, sebaiknya panggil ahli kamar mandi atau tukang ledeng untuk memperbaiki.

Kesimpulan

Saluran pembuangan air kamar mandi yang mampet bisa membuat penghuni rumah tidak nyaman dan menjadi risiko kesehatan. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah saluran pembuangan yang mampet, seperti menggunakan alat pembersih saluran, menciptakan campuran pembersih alami, memeriksa dan membersihkan filter saluran, serta memeriksa sistem pembuangan air secara keseluruhan. Selalu periksa saluran pembuangan secara teratur agar masalah yang timbul dapat segera ditangani dan saluran pembuangan tetap dalam kondisi yang baik.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *