Cara Mengatasi Saluran Pipa Air yang Tersumbat

Ketika bangunan kita mengalami masalah pipa air yang tersumbat, hal ini dapat menjengkelkan dan sulit diatasi. Tersumbatnya saluran pipa air dapat mempengaruhi semua tutupan di rumah kita, mulai dari toilet yang tidak bisa digunakan, wastafel yang buntu, dan mesin pencucian piring yang tidak dapat berfungsi. Namun, jangan khawatir, terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi saluran pipa air yang tersumbat.

1. Mencoba Menggunakan Pembersih Pipa Air

Cara pertama yang dapat dicoba adalah menggunakan pembersih pipa air. Pembersih pipa air tersedia di banyak toko peralatan rumah tangga. Salah satu contoh pembersih pipa air yang dapat digunakan adalah cairan pembuka pipa. Cairan ini dapat dibeli dengan mudah di toko peralatan rumah tangga dan toko bangunan. Cara penggunaannya cukup mudah, kami hanya perlu menuangkan cairan pembuka pipa tersebut ke dalam saluran pipa air yang tersumbat dan kemudian menunggu beberapa menit jika perlu kita dapat menambahkan air panas. Cairan pembuka pipa bekerja dengan cara melarutkan lemak, sabun, rambut, cairan pencuci, dan benda lain yang menyumbat pipa air. Selain itu, pembersih pipa air juga dapat menambah bau yang menyenangkan di dalam rumah.

2. Menggunakan Alat Penyedot Pipa

Cara kedua yang dapat dicoba adalah menggunakan alat penyedot pipa. Alat ini disebut juga dengan plunger, dan dapat dibeli di toko-toko bahan bangunan atau toko peralatan rumah tangga. Alat ini dapat membantu menekan udara ke dalam saluran pipa air dulunya menambahkan air panas dan mengempiskan penyumbatan dalam pipa air. Langkah-langkahnya cukup mudah, tempatkan alat penyedot pipa di atas saluran pipa yang tersumbat dan jangan lupa tambahkan air ke dalam bejana penyedot pipa. Tekan alat tersebut naik turun secara perlahan hingga semua kotoran tersedot keluar melalui saluran pembuangan. Kita dapat menambahkan air panas untuk mempercepat proses tersebut.

3. Membersihkan Saluran Pembuangan

Cara ketiga yang dapat dicoba adalah membersihkan saluran pembuangan. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan sapu, seperti sapu piso atau sapu lidi yang keras. Sapu tersebut kita masukkan ke dalam saluran pembuangan untuk menggesek dan menghilangkan semua kotoran dan lemak yang menempel di dinding pipa air. Setelah membersihkan saluran pembuangan, kita dapat mengecek apakah saluran sudah kembali lancar atau belum.

4. Memanggil Jasa Pembersih Pipa

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, kita dapat menggunakan jasa pembersih pipa agar saluran pipa air kembali berfungsi dengan lancar. Jasa pembersih pipa memiliki alat dan bahan yang lebih canggih untuk membersihkan pipa air yang tersumbat, sehingga dapat membersihkan saluran pipa air secara menyeluruh. Biasanya jasa pembersih pipa dapat memperbaiki pipa air dalam hitungan jam yang bervariasi tergantung pada kondisi saluran pipa air.

5. Mencegah Tersumbatnya Saluran Pipa Air Selanjutnya

Salah satu hal yang dapat dilakukan agar saluran pipa air tidak tersumbat kembali adalah dengan mencegahnya terlebih dahulu. Pertama, kita sebaiknya membuang kotoran, seperti rambut dan sabun, ke tempat sampah, bukan ke dalam saluran pembuangan. Kedua, kita sebaiknya rajin memeriksa saluran pipa air secara berkala dan membersihkannya secara rutin. Ketiga, jangan pernah membuang benda apapun ke dalam saluran pembuangan, seperti kain dan benda keras, karena hal ini dapat menimbulkan permasalahan yang lebih serius.

Kesimpulan

Mengatasi saluran pipa air yang tersumbat dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu dengan menggunakan pembersih pipa air, alat penyedot pipa, membersihkan saluran pembuangan, atau menggunakan jasa pembersih pipa. Namun yang lebih penting adalah mencegah saluran pipa air dari tersumbat, dengan cara membuang kotoran, membersihkan secara rutin, dan tidak membuang benda-benda yang dapat menyumbat saluran pembuangan. Dengan mencegah tersumbatnya saluran pipa air, kita dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan yang lebih serius.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *