Cara Mengatasi Mampet Pada Saluran Air

Penyebab Mampet Pada Saluran Air

Salah satu masalah yang sering dihadapi di rumah adalah saluran air yang mampet. Saluran air yang mampet terjadi ketika ada benda atau material yang menghalangi aliran air. Benda-benda yang sering menjadi penyebab mampet pada saluran air adalah sisa makanan, rambut, kotoran, dan minyak. Sedangkan material seperti pecahan keramik, batu, pasir, dan lumpur juga bisa menyebabkan mampet pada saluran air. Mampetnya saluran air bisa menyebabkan air tidak dapat mengalir dengan lancar dan bahkan mengakibatkan tumpukan air yang menggenang.

Cara Menghindari Mampet Pada Saluran Air

Untuk menghindari mampet pada saluran air, ada beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu, pertama, buang sisa makanan ke tempat sampah. Kedua, jangan membuang rambut di saluran air, gunakan tempat sampah untuk membuang rambut atau letakkan jaring di saluran air untuk menangkap rambut. Ketiga, kurangi penggunaan minyak pada sajian makanan dan membersihkan peralatan dapur sebelum mencuci. Keempat, pasang filter atau saringan di saluran air untuk menangkap benda-benda kecil seperti pecahan keramik, batu, atau pasir. Dengan menghindari penyebab mampet pada saluran air, Anda bisa mengurangi risiko saluran air mampet.

Cara Mudah Mengatasi Mampet Pada Saluran Air

Meskipun sudah menghindari penyebab mampet pada saluran air, mampet pada saluran air tetap bisa terjadi. Nah, berikut ini beberapa cara mudah mengatasi mampet pada saluran air. Pertama, gunakan campuran air panas dan baking soda. Campurkan setengah cangkir baking soda dengan setengah cangkir cuka, tuangkan campuran tersebut ke saluran air dan biarkan selama 30 menit. Kemudian tuangkan air panas, campuran tersebut akan menghilangkan benda-benda kecil yang menyumbat saluran air.

Cara kedua, gunakan kombinasi air panas dan garam. Campurkan satu cangkir garam dengan air panas, kemudian tuangkan campuran tersebut ke saluran air. Tunggu sekitar 30 menit dan bilas dengan air panas. Cara ini juga cukup efektif untuk mengatasi saluran air yang mampet.

Jika kedua cara di atas tidak efektif, cobalah menggunakan alat pembersih saluran air seperti plungers atau snakes. Plungers atau timba penyedot ini bekerja dengan membentuk vakum dan memaksa benda-benda yang menyumbat saluran air keluar. Sedangkan snakes adalah alat seperti kawat yang digunakan untuk memecahkan benda-benda besar yang menyumbat saluran air.

Memanggil Jasa Plumbing

Jika cara-cara di atas tidak dapat mengatasi mampet pada saluran air, sebaiknya Anda memanggil jasa plumbing terdekat. Jasa plumbing akan membantu menyelesaikan masalah saluran air mampet dengan bantuan alat-alat canggih dan tenaga profesional. Jangan mencoba untuk membuka saluran air sendiri jika terdapat benda-benda yang tertanam terlalu dalam di dalam saluran.

Cara Mencegah Kembali Mampet Pada Saluran Air

Setelah berhasil mengatasi mampet pada saluran air, Anda juga harus melakukan tindakan preventif agar saluran air tetap lancar. Gunakan saringan atau filter di saluran air untuk menangkap sisa-sisa makanan atau rambut yang masuk ke saluran air. Lakukan pembersihan saluran air secara rutin dengan menggunakan baking soda dan cuka untuk mencegah mampet pada saluran air.

Kesimpulan

Saluran air yang mampet memang menjadi masalah yang sering dihadapi di rumah. Penyebab mampet pada saluran air antara lain sisa makanan, rambut, kotoran, minyak, atau material seperti pecahan keramik, batu, pasir, dan lumpur. Untuk menghindari mampet pada saluran air, perlu dilakukan tindakan preventif seperti membuang sisa makanan di tempat sampah, mengurangi penggunaan minyak, dan pasang saringan di saluran air. Namun, jika saluran air sudah mampet, Anda bisa menggunakan campuran cuka dan baking soda atau garam dan air panas, ataupun menggunakan alat pembersih saluran air seperti plungers dan snakes. Jika semua cara tidak berhasil, jangan ragu untuk memanggil jasa plumbing terdekat. Jangan lupa, tetap lakukan tindakan preventif untuk mencegah saluran air mampet di kemudian hari.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *