Cara mengatasi saluran pembuangan air yang tersumbat

Saat sistem pembuangan air rumah tangga tersumbat, itu bisa sangat menjengkelkan, membuat air menjadi kembali ke dalam panci, wastafel, atau bak mandi. Untuk memperbaikinya, tidak selalu membutuhkan bantuan profesional, Anda bisa melakukannya sendiri dengan tips-teknik di bawah ini.

1. Gunakan kombinasi air panas dan deterjen piring

Gunakan air mendidih dan tambahkan deterjen piring ke dalam saluran pembuangan yang tersumbat. Biarkan selama 10-15 menit, kemudian gunakan alat bantu pembersih saluran pembuangan seperti kawat lurus atau tabung vakum bersihkan sisa-sisa di dalam pipa. Bilas dengan air dingin.

2. Gunakan kombinasi cuka dan soda kue

Gunakan 1/3 cangkir soda kue, diikuti dengan 1 cangkir cuka putih. Biarkan selama 30 menit, kemudian tambahkan air panas. Bilas dengan air dingin.

3. Gunakan alat pembuka saluran

Jika kedua metode di atas tidak berhasil, gunakan alat pembuka saluran (plunger) untuk membantu membersihkan pipa. Tutup lubang pengisi air di wastafel / panci dan peras alat pembuka saluran beberapa kali hingga air mulai mengalir lancar.

4. Buat sendiri campuran pembuka saluran

Untuk membuat campuran pembuka saluran yang lebih kuat, gunakan 1 cangkir garam, 1 cangkir soda abu, dan ½ cangkir cuka. Tuangkan campuran ini ke dalam pipa dan biarkan selama 30 menit, bilas dengan air mendidih.

5. Gunakan alat serong

Jika semua metode di atas gagal, gunakan alat serong untuk memecah hambatan. Ini dilakukan dengan memasukkan ujung alat serong ke dalam saluran dan memutar dengan keras hingga saluran kembali lancar.

Catatan penting!

Ketika membersihkan saluran pembuangan, hindari menggunakan cairan pembersih komersial secara berlebihan karena dapat merusak pipa serta menyebabkan kerusakan parah pada sistem pembuangan air rumah tangga.

Sebagai tips tambahan, hindari membuang serpihan makanan atau sampah ke dalam saluran pembuangan. Pastikan juga untuk selalu membersihkan pembuangan dengan air setelah digunakan dan gunakan saringan pada wastafel untuk mencegah rambut dan serpihan makanan masuk ke pipa.

Dalam banyak kasus, mengatasi masalah sumbatan pipa cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Jika masalah masih terus berlanjut, jangan ragu untuk meminta bantuan profesional. Dalam kasus yang lebih serius, mungkin diperlukan pemasangan ulang sistem pembuangan air.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *