Cara Mengatasi Saluran Air Wastafel Mampet

Seringkali kita menemui masalah wastafel mampet, terutama di dapur atau kamar mandi. Hal ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kita, bahkan bisa menjadi sumber penyakit jika tidak segera diatasi. Namun jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan tips-tips cara mengatasi saluran air wastafel mampet dengan mudah dan tepat.

1. Gunakan Bahan Kimia

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan bahan kimia khusus pembersih saluran air. Bahan ini bisa Anda temukan di toko-toko bangunan atau supermarket terdekat. Caranya sangat mudah, cukup tuangkan pembersih di saluran air wastafel dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian, siram dengan air panas sampai saluran air kembali lancar.

Namun, perlu diingat bahwa bahan kimia ini bisa berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia jika digunakan secara tidak benar. Pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan pada kemasan dan menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan saat mengaplikasikannya.

2. Gunakan Alat Perontok

Cara kedua adalah dengan menggunakan alat perontok seperti pemberat saluran air atau snake saluran air. Alat ini berfungsi untuk menggali dan mendorong benda-benda yang menyumbat saluran air hingga keluar. Caranya cukup masukkan alat tersebut ke saluran air dan dorong hingga benda yang tersumbat terangkat ke atas.

Pastikan Anda menggunakan alat ini dengan hati-hati, karena jika digunakan terlalu kencang bisa merusak pipa saluran air. Selain itu, jika perontokan tidak berhasil, jangan mencoba lagi dengan kekerasan karena bisa membuat masalah semakin meruncing.

3. Gunakan Baking Soda dan Cuka

Cara ketiga adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti baking soda dan cuka. Cara ini sama sekali bebas bahan kimia yang berbahaya dan bisa dilakukan secara rutin. Caranya sangat mudah, Anda cukup mencampurkan 1/2 cangkir baking soda dan 1/2 cangkir cuka dalam sebuah mangkuk. Kemudian, tuangkan campuran ini ke saluran air wastafel. Biarkan selama 30 menit hingga campurannya bereaksi dengan benda-benda yang menyumbat dan membantu membersihkan saluran air.

Jika prosesnya tidak berjalan lancar, tambahkan 1 cangkir air panas ke dalam saluran air untuk membersihkan sisa-sisa campuran tersebut. Dengan menggunakan cara ini, selain dapat membersihkan saluran air, baking soda dan cuka juga dapat menghilangkan bau tak sedap yang sering muncul di wastafel.

4. Gunakan Penghisap

Cara keempat adalah dengan menggunakan penghisap khusus saluran air. Cara ini mungkin sudah lazim digunakan oleh banyak orang untuk mengatasi masalah wastafel mampet. Caranya cukup mudah, pasang penghisap di atas lubang saluran air dan tekan dengan kuat hingga udara terhisap keluar.

Lakukan gerakan naik-turun berkali-kali untuk membantu mendorong benda-benda yang menyumbat ke atas sehingga bisa dikeluarkan. Selain itu, pastikan penghisap yang digunakan bekerja dengan baik dan memiliki ukuran yang sesuai dengan diameter lubang saluran air.

5. Panggil Ahli Servis

Cara terakhir adalah dengan memanggil ahli servis. Jika semua cara di atas sudah dilakukan dan wastafel masih mengalami masalah mampet, maka kemungkinan besar ada masalah yang terjadi di dalam pipa saluran air yang memerlukan perbaikan profesional. Jangan mencoba memperbaikinya sendiri karena bisa berbahaya dan merusak pipa saluran air secara permanen.

Anda bisa mencari ahli servis yang terpercaya dan terbaik di kota Anda, atau bisa juga menghubungi pihak manajemen apartemen atau kontrakan, karena umumnya mereka memiliki penyedia jasa servis untuk mengatasi masalah seperti ini.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi saluran air wastafel mampet yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Jangan biarkan masalah saluran air mengganggu aktivitas Anda, karena selain menjengkelkan, masalah ini juga bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit. Selalu ingat untuk secara rutin membersihkan saluran air wastafel agar tidak mudah tersumbat, dan gunakanlah cara yang tepat jika terjadi masalah seperti mampet.

Semoga tips yang kami berikan berguna bagi Anda dalam mengatasi masalah saluran air. Jika Anda memiliki cara lainnya, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar di bawah. Terima kasih! 💦💧👍💡

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *