Cara Memperbaiki Saluran Wastafel yang Mampet

Ketika saluran wastafel di rumah Anda mampet, itu bisa menjadi masalah seperti tidak bisa membersihkan wajah atau gigi dengan baik lagi. Namun, dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat memperbaiki saluran wastafel yang mampet tanpa harus memanggil tukang pipa. Berikut adalah lima langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Membuka sampah atau rambut

Saluran yang mampet biasanya disebabkan oleh kotoran seperti sampah atau rambut yang terperangkap di dalam aliran air. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka sampah atau rambut secara manual dari saluran. Jika Anda melihat atau merasa ada sesuatu yang terperangkap di dalam wastafel, gunakan pinset atau sarung tangan karet untuk membuangnya. Pastikan untuk membersihkan wastafel secara menyeluruh setelahnya.

Menggunakan air panas dan larutan garam

Air panas dan larutan garam dapat membantu melarutkan kotoran yang tertimbun di dalam wastafel. Setelah membersihkan kotoran secara manual, tuangkan air panas ke dalam wastafel dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian, tuangkan satu hingga dua sendok makan garam ke dalam wastafel. Tutupi wastafel dengan handuk basah dan biarkan larutan garam meresap ke dalam saluran. Setelah 30 menit, buka keran air dingin untuk membersihkan saluran dan buang air kotor.

Menggunakan cairan soda kue

Cairan soda kue juga merupakan pilihan yang baik untuk membersihkan saluran wastafel yang mampet. Tuangkan satu hingga dua cangkir soda kue ke dalam saluran dan kemudian tuangkan sedikit air panas. Biarkan soda kue bekerja selama 30 menit dan kemudian bilas saluran dengan air panas. Soda kue memiliki sifat alkali yang dapat membantu melarutkan kotoran yang terperangkap di dalam saluran.

Menggunakan alat pembersih saluran

Jika kotoran di dalam saluran tidak bisa dihilangkan dengan cara manual atau dengan menggunakan larutan kimia, Anda bisa mencoba menggunakan alat pembersih saluran seperti plunger. Cara kerjanya adalah dengan menempatkan plunger di atas saluran dan menarik dan mendorong pegangan untuk menciptakan tekanan udara yang cukup untuk menghilangkan kotoran di dalam saluran. Setelah kotoran hilang, bilas saluran dengan air panas untuk membersihkannya.

Menggunakan larutan kimia

Larutan kimia seperti Drano atau Liquid-Plumr juga bisa menjadi pilihan untuk membersihkan saluran wastafel yang mampet. Namun, hati-hati saat menggunakan bahan kimia di dalam saluran karena dapat merusak pipa dan juga berbahaya bagi kesehatan. Pastikan untuk membaca instruksi pada kemasan dan gunakan sarung tangan karet ketika menangani zat kimia.

Kesimpulan

Memperbaiki saluran wastafel yang mampet dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membuka kotoran secara manual. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan air panas dan larutan garam atau cairan soda kue untuk membersihkan saluran. Jika itu tidak berhasil, Anda bisa mencoba menggunakan alat pembersih saluran seperti plunger atau larutan kimia. Namun, sebelum menggunakan larutan kimia, pastikan untuk membaca instruksi dengan teliti dan hati-hati saat menangani zat kimia.

Note : Jangan pernah mencampurkan larutan kimia dengan cairan soda kue atau bahan kimia lainnya karena dapat menyebabkan reaksi kimia berbahaya. Gunakan hanya satu jenis bahan kimia untuk membersihkan saluran wastafel yang mampet.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *