Cara Menangani Saluran Air yang Mampet

Saluran air yang mampet dapat menjadi masalah besar bagi tiap rumah atau gedung. Ketika saluran air tersumbat, air tergenang dan bisa merusak bidang yang dilalui air tersebut. Cara terbaik untuk menghindari saluran air mampet adalah dengan menjaga supaya tidak terjadi pengumpulan sampah atau benda-benda asing di dalam pipa air pada rumah Anda. Namun, jika masalah tersebut terjadi, Anda perlu tahu cara terbaik dalam menangani saluran air yang mampet.

Apa yang Menyebabkan Saluran Air Mampet

Pada dasarnya, saluran air dapat tersumbat dari berbagai hal, seperti penumpukan sampah, pengumpulan lemak pada pipa, penumpukan rambut di drainase, atau ada benda-benda asing lainnya yang menyumbat aliran air. Mengidentifikasi penyebab saluran air dapat membantu Anda menentukan cara yang terbaik untuk menangani permasalahan tersebut.

Cara Menangani Saluran Air yang Mampet

Menggunakan Plunger

Plunger merupakan alat yang sangat berguna untuk menangani saluran air yang mampet. Plunger diaudit dengan cara menutupi lubang saluran dengan plunger. Selanjutnya, dorong plunger ke bawah dan angkat ke atas secara tiba-tiba. Jika berhasil, air akan mulai mengalir dengan lancar. Hal ini karena tekanan udara pada plunger mampu memicu air dan sampah keluar dari pipa air.

Pakai Bahan Kimia

Pakai cairan kimia atau obat pembersih untuk saluran air juga dapat membantu menyingkirkan sampah dan benda asing dalam pipa. Cairan kimia saluran air terdiri dari bahan-bahan kimia yang disebut surfaktan. Surfaktan dapat melunakkan sampah dan membantu memindahkan sampah keluar dari pipa. Cairan ini sangat efektif untuk menangani saluran air yang ringan tersumbat. Namun, Anda harus berhati-hati ketika menggunakan cairan kimia, karena bisa merusak pipa air jika digunakan secara teratur.

Gunakan Pembersih Saluran Air dari Alat Khusus

Alat pembersih saluran air khusus bisa digunakan untuk menghilangkan penghalang yang lebih rumit, terutama yang terletak pada ujung pipa air. Alat pembersih saluran air khusus terdiri dari kabel spiral metal yang dapat dimasukkan ke dalam pipa air. Kabel spiral tersebut diputar untuk menjalankan penghalang sampah dan benda asing ke rentang tertentu, kemudian ditarik keluar dari pipa.

Memanggil Tenaga Ahli

Jika solusi sederhana di atas tidak berhasil untuk mengatasi saluran air yang mampet, Anda dapat memanggil ahli saluran air untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut. Menangani saluran air yang mampet membutuhkan peralatan yang spesifik dan keterampilan ahli untuk menemukan dan menangani penghalang dalam pipa air.

Langkah Pencegahan agar Saluran Air Tidak Tersumbat

Saluran air yang mampet dapat dicegah dengan melakukan pembersihan saluran secara teratur. Anda bisa menumpahkan air panas ke dalam saluran air untuk mencegah pengendapan lemak dalam pipa air. Selain itu, usahakan meniadakan penyumbatan dengan cara tidak membuang benda-benda asing ke dalam saluran air. Pastikan untuk tidak membuang benda-benda kecil berukuran kecil seperti rambut atau benda-benda kecil lainnya ke dalam saluran air. Bersihkan atau buang sampah pada tempat sampah, dan tidak buang sampah dan benda asing pada saluran air. Bunyi alarm ketika ada benda-benda terapung di dalam bak saluran air, segeralah menyingkirkannya dengan bantuan tang.

Kesimpulan

Menangani saluran air yang mampet memang membutuhkan perhatian yang serius dan tidak boleh diabaikan. Dalam artikel ini, telah dibahas cara-cara sederhana untuk menangani saluran air mampet. Namun, yang lebih penting adalah mempraktikkan langkah-langkah pencegahan agar saluran air dapat dijaga-bersih dan aman. Pastikan untuk mengidentifikasi penyebab saluran air mampet dan tahu kapan saat yang tepat untuk memanggil tenaga ahli. Dengan memberikan perhatian terhadap saluran air di rumah Anda, maka Anda dapat mencegah saluran air mampet dan menjalankan kegiatan dengan lebih nyaman dan tenang.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *