Cara Memperbaiki Saluran Pipa Yang Mampet

Ketika saluran pipa di rumah tersumbat, hal ini tentunya sangat menjengkelkan. Tidak hanya sulit dikenali penyebabnya, memperbaikinya sendiri pun seringkali memerlukan tenaga yang ekstra. Ada banyak faktor yang bisa membuat saluran pipa menjadi mampet seperti limbah dapur, rambut, sampah, dan benda-benda kecil lainnya. Berikut ini adalah cara memperbaiki saluran pipa yang mampet yang bisa Anda terapkan di rumah tanpa harus memanggil tukang ledeng.

1. Bersihkan Saluran Pipa Dengan Air Panas

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi saluran pipa yang mampet adalah dengan menjalankan air panas dalam jumlah banyak. Menggunakan air panas dapat membantu melarutkan limbah yang menumpuk di dalam pipa sehingga dapat dengan mudah keluar dari saluran pipa. Selain itu, air panas juga dapat membunuh bakteri yang berkembang biak di dalam pipa. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasukkan air panas ke dalam pipa tersebut hingga memenuhi seluruh saluran pipa. Diamkan beberapa menit sampai limbah dapur atau lainnya, larut dan keluar dari pipa.

2. Gunakan Soda Kue dan Cairan Pembersih

Langkah kedua yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan soda kue dan cairan pembersih khusus. Campurkan 1/3 cangkir soda kue dengan 1/3 cangkir cuka, kemudian segera tuangkan ke dalam pipa yang tersumbat. Biarkan selama kurang lebih satu jam dan bilas dengan air panas. Anda juga bisa membeli cairan pembersih khusus yang tersedia di pasaran untuk membersihkan saluran pipa. Mode penggunaannya pun cukup mudah. Setelah membacanya pada kemasan, cukup tuangkan cairan pembersih ke dalam pipa yang tersumbat dan biarkan cairan tersebut menyebar sampai ke luar. Diamkan selama beberapa menit dan bilaslah dengan air panas.

3. Menggunakan Alat Penyedot

Jika pembersihan saluran pipa dengan air panas dan cairan pembersih masih belum bisa mengatasi masalah, Anda bisa mencoba cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan alat penyedot pipa. Alat ini berbentuk seperti pompa dan dapat digunakan untuk menghisap kotoran yang tersumbat di dalam pipa. Ukuran alat penyedot pipa juga bervariasi, cocok digunakan untuk berbagai jenis saluran pipa atau jenis limbah yang tersumbat di dalam saluran pipa rumah. Cara menggunakannya adalah dengan cek ke kantor toko bangunan atau mencarinya online.

4. Lepaskan Pipa dan Bersihkan dengan Tangan

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan melepas pipa terlebih dahulu dan membersihkannya langsung dengan tangan. Meski cukup rumit, tetapi cara ini efektif untuk mengatasi saluran pipa yang tersumbat. Sebelum melakukannya, pastikan Anda sudah mematikan air agar tidak membuat bising atau tumpah. Kemudian lepaskan seluruh pipa yang tersambung dari titik mampet. Membersihkan pipa dengan tangan sangat efektif karena Anda bisa melihat limbah apa yang menghambat saluran dan mengeluarkannya tanpa harus menghancurkan pipa.

5. Periksa dan Ganti Saluran Pipa

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan dan masalah saluran pipa masih belum bisa diatasi, kemungkinan besar pipanya rusak atau terlalu tua. Pemasangan saluran pipa yang terlalu lama biasanya akan membuat saluran pipa menjadi tak mulus, bocor, atau karatan dan membuat limbah tersumbat di dalam pipa. Jika pipa bocor atau memang sudah terlalu tua, segera ganti dengan pipa yang baru. Anda juga bisa mengganti sendiri saluran pipa tersebut tanpa harus memanggil tukang ledeng profesional, asalkan Anda sudah memiliki rekam jejak dalam pekerjaan perpipaan.

Kesimpulan

Mengatasi saluran pipa yang mampet memang memerlukan waktu dan tenaga ekstra. Tetapi melakukannya dengan cepat dan tepat akan membantu mencegah terjadinya kerusakan atau bocornya pipa di masa depan. Cara-cara sederhana yang sudah disebutkan di atas pun bisa dicoba untuk mengatasi masalah saluran pipa yang mampet. Namun jika cara-cara tersebut dengan segala upaya sudah dilakukan dan masalah saluran pipa masih kambuh, segera hubungi tukang ledeng profesional untuk mengatasi masalah salunan pipa yang lebih mengurangi kendala.

Kendala MasalahSolusi
Pipa mampet karena limbah terlalu banyakLakukan pembersihan pipa secara berkala menggunakan cairan pembersih atau soda kue dan cuka.
Pipa karat atau rusakGanti pipa yang rusak dengan yang baru atau mengganti sendiri dengan yang baru

“Jangan gunakan pipa terlalu lama, segera ganti jika pipa sudah lebih dari 10 tahun. Jangan mencampurkan cairan pembersih atau soda kue dengan cairan kimia lainnya, dapat menghasilkan reaksi kimia cukup berbahaya.”

Dalam melakukan perbaikan pada masalah saluran pipa yang mampet, kebersihan dan kenyamanan juga penting. Segera gunakan bahan-bahan yang dijelaskan di atas agar kualitas tetap terjaga dan memastikan tetap melakukan kebersihan di rumah secara rutin. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *