Cara Menghilangkan WC Mampet dengan Soda Api

Mampetnya saluran WC bisa terjadi kapan saja dan bikin kepala pusing. Tapi, jangan khawatir karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan mampet. Salah satu yang bisa dicoba adalah menggunakan soda api.
Di dalam artikel ini, akan dijelaskan cara menghilangkan WC mampet dengan soda api serta berbagai tips dan trik lain untuk menjaga agar saluran WC tetap lancar.

Apa itu soda api?

Soda api merupakan salah satu bahan kimia yang sering digunakan dalam pembersihan rumah tangga seperti menyapu lantai atau membersihkan dapur. Biasanya, soda api dijual dalam bentuk kristal putih dan berkhasiat untuk membersihkan noda membandel.

Cara menghilangkan WC mampet dengan soda api

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menghilangkan WC mampet dengan soda api. Berikut adalah caranya:

1. Langkah pertama adalah menyiapkan peralatan yang diperlukan, seperti sarung tangan, kacamata, masker, ember atau panci, dan soda api.
2. Tuangkan soda api ke dalam ember atau panci, sebanyak 1 gelas.
3. Tambahkan air panas ke dalam ember atau panci yang sudah berisi soda api. Perbandingan antara soda api dan air panas adalah 1:2. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan, masker, dan kacamata saat melakukan langkah ini karena gas yang keluar bisa menyengat.
4. Campuran cairan soda api dan air panas harus dicampur rata dengan menggunakan sebuah kayu atau alat yang tepat.
5. Tuangkan campuran soda api ke dalam lubang WC dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, flush WC dan periksa apakah mampet sudah hilang.

Catatan: Jangan mencampurkan soda api dengan cairan pembersih lain seperti cuka atau asam nitrat karena bisa menghasilkan gas beracun.

Tips dan trik agar WC tetap lancar

Selain menggunakan soda api untuk menghilangkan WC mampet, ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan agar WC tetap lancar dan terhindar dari mampet. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Gunakan sabun cuci piring atau sabun sejenisnya untuk menjaga kebersihan dan lancarnya saluran WC. Cara ini lebih aman dan tidak memerlukan bahan kimia yang berbahaya.
2. Jangan membuang benda-benda yang tidak seharusnya di dalam WC seperti tisu, kapas, pembalut wanita, atau benda lain yang tidak mudah terurai. Hal ini bisa menyumbat saluran WC.
3. Lakukan pembersihan WC secara berkala dan grating pada pembuangan WC untuk mencegah benda keras masuk ke dalam sistem pipa.
4. Jangan lupa membersihkan toilet tank secara berkala dan cek kloset WC apakah terdapat kerak dari air. Kerak bisa membuat saluran WC tersumbat.

Kesimpulan

Menggunakan soda api merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan WC mampet. Namun, bahan kimia ini bersifat berbahaya, jadi perlu melakukannya dengan hati-hati dan menggunakan alat pelindung diri yang memadai. Selain itu, menjaga kebersihan dan melakukannya secara teratur adalah kunci untuk menjaga kebersihan saluran WC dan mencegah terjadinya mampet.

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, WC Anda akan tetap lancar dan nyaman digunakan. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan terapkan cara yang tepat untuk mengatasi masalah WC mampet.

Check Also

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Sampah Dengan Mudah

Ini adalah cara praktis untuk memperbaiki saluran air mampet karena sampah. Saya akan beri tips …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *